PEMBAHASAN BONEKA TANGAN

PEMBAHASAN BONEKA TANGAN

Media boneka tangan adalah media dalam evaluasi menceritakan yang sesuai sama karakteristik Taman Kanak - Kanak yang ada pada step Pengenalan. Evaluasi menceritakan di Taman Kanak - Kanak kurang menarik perhatian siswa. Mengakibatkan banyak siswa yang malu serta tidak ingin menceritakan ke depan kelas. Disini

Diluar itu kwalitas evaluasi menceritakan dalam Bagian Pengembangan Berbahasa siswa Taman Kanak - Kanak masih tetap susah. Oleh karenanya butuh media Boneka jadi alat bantu untuk mengemukakan materi pembelajaran

pemakaian media boneka tangan, baiknya dikerjakan pada taman kanak kanak atau kelas kecil supaya perhatian guru bisa menyeluruh serta siswa memperoleh saat lebih lama untuk memakai boneka tangan, memerhatikan pemakaian panggung boneka, serta baiknya memakai narasi yang tidaklah terlalu panjang serta type ceritanya yaitu narasi fabel.



Keuntungan Pemakaian Boneka

Sebagian keuntungan pemakaian boneka untuk sandiwara yaitu :

Tidak membutuhkan saat yang banyak, cost serta persiapan yang sangat rumit.
Sedikit mengonsumsi tempat, panggung sandiwara boneka bisa di buat cukup kecil serta simpel.
Tidak menuntut ketrampilan yang rumit untuk yang bakal memainkannya.
Bisa meningkatkan imajinasi anak, mempertinggi keaktifan serta menaikkan situasi senang.

Panduan Pemakaian Boneka jadi Media Pembelajaran

Supaya boneka bisa jadi media instruksional yang efisien, jadi butuh kita per-hatikan banyak hal yang diantaranya yaitu :

Rumusan maksud evaluasi dengan terang. Dengan hal tersebut akan di ketahui, Apakah pas dipakai permainan sandiwara boneka atau sandiwara yang lain.

Buat naskah atau skenario sandiwara yang bakal dimainkan dengan terinci. Baik dialognya, settingnya serta adegannya mesti disusun dengan jeli, meskipun dalangnya bisa saja untuk berimprovisasi waktu ia mendalang/memainkan boneka itu.

Permainan boneka mementingkan gerak daripada kata. Karenanya perbincangan janganlah sangat panjang, bisa membosankan.menjengkelkan pemirsa. Untuk anak-anak umur kelas rendah sekolah basic atau anak-anak TK, baiknya permainan boneka didesain untuk banyak melibatkan dialog dengan anak ketika permainan.

Permainan sandiwara boneka janganlah sangat lama, kurang lebih 10 hingga 15 menit. Supaya pesan spesial yang di sampaikan pada anak dalam permainan sandiwara boneka itu bisa di tangkap/dipahami oleh anak-anak/penonton

Sebaiknya diselingi dengan nyanyian, bila butuh pemirsa di ajak nyanyi berbarengan. Jika memang perlu dilanjutkan dengan dialog atau diskusi dengan anak-anak/pemirsa untuk memantapkan pesan nilai yang di ajarkan.

Isi narasi sebaiknya sesuai sama usia serta kekuatan dan daya imajinasi anak-anak yang melihat.
Usai permainan sandiwara, sebaiknya diselenggarakan aktivitas kelanjutan seperti tanya-jawab, diskusi atau bercerita kembali mengenai isi narasi yang dihidangkan.
Bila sangat mungkin, berilah peluang pada anak-anak untuk memainkannya.

KESIMPULAN

Berdasar pada pemaparan diatas, jadi bisa ditarik rangkuman kalau :

Boneka demikian lekat dengan anak-anak. Sebut saja boneka-boneka popular seperti Barbie, Doraemon atau boneka bertopik superhero.

dunia anak yaitu dunia bermain. Berarti, dunia anak pada intinya yaitu dunia yang mengasyikkan. Bermain, memiliki arti : satu aktivitas yang mengasyikkan, tanpa ada paksaan, serta tanpa ada satu tujuan yang ketat maupun kaku.

terkecuali jadi mainan, boneka tangan dapat juga jadi media evaluasi alternatif untuk meningkatkan kreatifitas anak.


dapat juga belajar kreatif serta berimajinasi buat narasi sendiri dengan bermain boneka tangan berbarengan rekan rekannya.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Membuat Boneka Beruang dari Kain Flanel Berserta Gambarnya

Deskripsi Boneka Wisuda

TIPS MEMILIH HADIAH BONEKA ULANG TAHUN UNTUK SAHABAT YANG UNIK